Hari Kedua, Stan Kominfo Jawa Timur di Jatim Fest 2024 Semakin Menarik Minat Pengunjung

Berita2 views

Surabaya, komposisinews.com – Gelaran Jatim Fest 2024 yang diadakan Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) di Grand City Exhibition Hall Surabaya, telah memasuki hari kedua, pada Kamis (3/10/2024). Stan Dinas Kominfo Jatim yang bertajuk ‘Serba Digital, Serba AI’ kali ini semakin menyita minat banyak pengunjung dengan berbagai kegiatan menarik.

Adapun berbagai kegiatan menarik di Stan Kominfo Jatim pada Jatim Fest 2024 kali ini adalah, Kuis Kahoot yang diadakan dua sesi selama satu hari, Game Edukasi, Virtual Reality (VR), Foto Artificial Intelligence (AI), dan Podcast Ruang Informasi.

Saat ditemui, pemandu kuis Kahoot sesi dua, Tari menyampaikan, kegiatan Kuis Kahoot ini semakin seru di hari kedua. Karena banyak pengunjung yang memang karakternya mudah bahagia dan rasa penasaran maupun keingin tahuannya sangat besar.

“Rentan umur yang mengikuti kuis Kahoot ini sekitar 20 tahunan bahkan ada yang 50 tahun tadi, jumlah yang mengikuti kuis Kahoot kali ini ada 36 orang,” jelasnya.

Jumlah 36 orang yang mengikuti kuis Kahoot tersebut, diketahui lebih banyak dari kuis Kahoot di sesi pertama yang diikuti sekitar 22 orang. Tari yang diketahui juga sebagai pegawai Kominfo Jatim ini berpesan, kepada masyarakat khususnya warga Surabaya supaya jangan sungkan berkunjung ke Stan Kominfo Jatim di Jatim Fest 2024.

“Pastinya nanti ada hadiah menarik untuk mengunjung jika mau mengisi barcode yang telah disediakan,” ujar Tari.

Sementara itu, teknisi bagian VR, game edukasi, dan AI, Ilham mengatakan, VR ini adalah fasilitas bagi pengunjung yang memungkinkan mereka bermain game dengan sensasi nyata.

“Di dalam VR yang kita sediakan, ada tiga game bisa dimainkan pengunjung, yakni buah, roller coster, dan horror,” papar Ilham.

Untuk fasilitas foto AI, Ilham menerangkan, pengunjung dapat memberi dua foto yang nantinya akan diedit dengan AI. Selain itu, Ia mengatakan, pengunjung juga bisa melakukan selfie dan hasil fotonya diedit dengan AI secara langsung.

“Fasilitas yang paling menarik minat pengunjung sebenarnya adalah yang mendapatkan hadiah yakni game edukasi. Game ini di dalamnya kita menyediakan soal yang disusun seperti puzzle menguji pengunjung tentang pengetahuannya, bagi pengunjung yang sudah bermain game akan memutar rolet hadiah,” terang Ilham.

“Jumlah pengunjung yang memainkan game edukasi di hari kedua ini mulai tadi pagi ada sekitar 80 orang, kalau VR ada sekitar 50 orang, dan AI globalnya sekitar 60 orang. Jadi pengunjung untuk hari kedua ini lebih banyak dari pada hari pertama kemarin,” sambung Ilham.

Kepada pengunjung Jatim Fest, Ilham berpesan supaya jangan lupa mengunjungi stan Kominfo Jatim dan mencoba kegiatan seru di sini karena berhadiah menarik.

Di sisi lain, salah satu pengunjung Stan Kominfo Jatim bernama Lyviana Marsa mengatakan, pihaknya merasa senang bisa berkesempatan turut memainkan game edukasi di Stan Kominfo Jatim.

“Seru donk permainan edukasi di sini apalagi dapat mini fan,” ucap Lyvina.

Lyviana yang diketahui siswa SMKN 4 Surabaya, menuturkan semoga Kominfo Jatim semakin maju lagi dan tahun depan bisa menyediakan stan yang lebih menarik di Jatim Fest. (Arifin/Kominfo jatim)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *