744 Peserta Beradu Kreativitas Dalam Giat Gebyar Kreativitas Siaga 2024

Surabaya,Komposisinews.com- Kwartir Cabang (Kwarcab) Surabaya menggelar kegiatan gebyar kreativitas Siaga 2024 yang bertempat di Taman Hiburan Pantai (THP) Kenjeran, Sabtu (10/8/24).

Sebanyak 744 peserta siaga berasal dari berbagai sekolah dasar yang ada di Surabaya saling berlomba beradu kreativitas di antaranya membuat layang-layang, puzzle, dan bernyanyi serta kegiatan lainnya.

Kak Solikin selaku sekretaris kwarcab Surabaya mengatakan, Gebyar Kreativitas Siaga 2024 ini bertujuan untuk melatih kemampuan, skill, menanamkan kerukunan, kekompakan serta kegotongroyongan antar anak siaga.

“Kegiatan gebyar kreativitas siaga ini untuk melatih anak-anak siaga untuk kemampuan dalam bidang yang digelutinya, menanamkan rasa kegotongroyongan, menciptakan kerukunan antar siaga dan kekompakan,” ujar Kak Solikin.

Lanjutnya, seperti namanya, gebyar kreativitas Siaga dilaksanakan dengan berbagai kegiatan yang seru dan menyenangkan.

Gebyar kreativitas siaga ini digelar dengan sifat rekreatif, riang gembira, dan sesuai dengan perkembangan jasmani maupun rohani peserta didik golongan Siaga.

“Meski bersifat rekreatif, gebyar kreativitas siaga sejatinya juga merupakan bentuk pendidikan bagi anggota Pramuka yang memiliki manfaat yakni Melatih rasa tanggung jawab, Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam hal Kepramukaan,” ungkapnya.

Selain itu, Gebyar Kreativitas Siaga 2024 ini sebagai bentuk nyata atas komitmen pengurus Kwarcab Surabaya dalam mendorong pencapaian Syarat Kecakapan Umum. Syarat Kecakapan Khusus, dan Syarat Kecakapan Pramuka Garuda golongan Siaga.

“Kegiatan Gebyar Kreativitas Siaga kali ini dikemas dalam bentuk permainan, kegiatan kolaboratif, dan latihan gabungan. Kami berharap, melalui kegiatan gebyar kreativitas Siaga, Pembina mendapatkan pengalaman mengelola kegiatan yang dapat diadaptasi di lingkup gugus depan,” Pungkasnya.

Kak Aisyah salah satu pendamping Siaga dari SDN Dukuh Menanggal 1, berharap di kegiatan ini adik – adik bisa mendapatkan pengalaman yang berharga, bisa lebih kenal. Banyak teman dari sekolah lain dan kemudian mendapatkan hasil yang terbaik.” ujar Aisyah.

“Selain itu, kita juga menanamkan ke adik adik agar tidak terlalu berambisi juara yang penting bisa memberikan yang terbaik buat diri sendiri dan sekolah khususnya.” pungkas Aisyah.

Yanti salah satu guru pendamping SDN Dukuh Menanggal 1 menambahkan, Kegiatan gebyar kreativitas Siaga 2024 sekolah sangat mendukung sekali, karena melatih rasa tanggung jawab, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam hal Kepramukaan, imbuhnya.

Alifa Qaira Wilda salah satu peserta dari SDN Dukuh Menanggal 1 mengatakan, merasa senang karena bisa ikut terlibat dalam kegiatan gebyar kreativitas Siaga 2024.”pungkasnya. (Bs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *