Museum Srimulat Resmi Di Buka Sebagai Wahana Edukasi

Pendidikan, Ragam28 views

Malang , Komposisinews.com- Museum Srimulat mengabadikan warisan budaya Indonesia melalui salah satu ikon komedi paling legendaris. Srimulat merupakan cagar budaya yang tak ternilai yang membawa tawa dan keceriaan bagi generasi Indonesia selama puluhan tahun.

Nama Srimulat tak asing bagi masyarakat Indonesia, khususnya dari era 1950-an sampai 1990-an. Srimulat adalah grup lawak Indonesia legendaris yang didirikan Teguh Slamet Rahardjo di Surakarta, Jawa Tengah.

Museum ini didirikan untuk mengenang dan menghormati kontribusi tak terlupakan dari para seniman dan komedian yang telah menjadi bagian dari perjalanan panjang komedi Indonesia. museum Srimulat adalah rumah bagi warisan kreatif dan kejenakaan yang tak terlupakan.

Museum Srimulat yang berada di Jalan Mardian, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu resmi dibuka , dengan di hadiri PJ Bupati Jawa Timur (yang mewakili ), PJ Walikota Batu Malang (Yang mewakili ) , Keluarga Srimulat hingga sejumlah insan komedi Indonesia , Keluarga besar Museum  Gubug Wayang Group , Kapolsek Batu , Tamu undangan ,Kamis (8/8/24).

Peresmian dan Pembukaan Museum Srimulat turut dimeriahkan oleh pertunjukan komedi “Cak Percil CS X Srimulat Surabaya CS” yang sekaligus terdapat spesial jamuan kebudayaan yaitu Pertunjukan Tari Kecak dari Tim Tari Museum Gubug Wayang Group.

Direktur Museum Gubug Wayang Zura Nurja Ana menjelaskan, terlaksananya pendirian Museum Srimulat ini dilandasi oleh semangat Museum Gubug Wayang Grup beserta Keluarga Srimulat menggelar “Pameran Wayang Golek Srimulat Abadi”. Pameran itu telah diselenggarakan di Kota Surabaya dan Solo sepanjang tahun 2022 hingga 2023 lalu.

“Pendirian Museum Srimulat ini menjadi wisata edukasi tentang Srimulat yang telah menjadi salah satu grup lawak legendaris. Di dalamnya ada foto-foto, kostum panggung sampai buku dan naskah yang pernah dimainkan Srimulat,” ujar Zura.

Tidak hanya itu, museum Srimulat juga menghadirkan sejumlah wayang golek yang menampilkan wajah personel Srimulat. Pendirian museum ini juga berdasarkan sepengetahuan dari personel Srimulat.

Untuk memberikan penghormatan setinggi-tingginya, keluarga besar Srimulat dihadirkan dalam suguhan pembukaan dan peresmian. Di antaranya Tarsan, keluarga dari Gepeng, hingga Komeng yang menjadi bagian dari sejarah komedi Indonesia.

H. Alfiansyah Komeng, S.E. atau lebih dikenal sebagai Komeng, adalah seorang pelawak, pemeran, dan politikus Indonesia pada kesempatan ini mengatakan , Pembukaan museum ini sangat menarik sekali karena mengangkat budaya di Indonesia.

” Kadang masyarakat ini menyepelekan kebudayaan padahal inti suatu negara dari dasarnya  itu adalah budaya”,ujar Komeng.

Berharap dengan adanya museum yang mengangkat seniman ini harus di gencarkan di kota kota lain, pungkasnya. (Bs)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *