Lurah Krembangan Selatan sambut kegiatan Sinau Aksara Jawa Di Lingkungan Kota Lama Surabaya

Pemerintahan16 views

Surabaya,Komposisinews.com– Sejak hari hari setelah Grand launching Kota Lama Surabaya oleh Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, pada 3 Juli 2024, Lurah Sumadalana sudah mendengar adanya kegiatan literasi aksara Jawa di lingkungannya. Yaitu di jalan Mliwis.

Lurah Krembangan Selatan, Sumadalana, S.Sos, sambut kegiatan Sinau Aksara Jawa di lingkungan Kota Lama Surabaya. Kota Lama Surabaya untuk Zona Eropa memang masuk dalam wilayah administratif Kelurahan Krembangan Selatan,Rabu (10/7/24).

Menurut Ketua RT 03/RW 10 Kelurahan Krembangan Selatan, Ricky Sutiono, bahwa lurah Sumadalana ingin datang dan melihat kegiatan literasi Sinau Aksara Jawa tapi lurah Sumadalana ada agenda dinas ke luar kota.

“Bu Lurah ingin melihat kegiatan Sinau Aksara Jawa tetapi ada agenda ke luar kota”, jelas Ricky Sutiono.

Kegiatan literasi Sinau Aksara Jawa yang diadakan oleh komunitas budaya Puri Aksara Rajapatni ini memang membuka khasanah kesejarahan kawasan Kota Lama Surabaya. Secara kultural dulu warga setempat sebelum masuknya bangsa asing adalah bangsa Jawa yang komunikasinya menggunakan bahasa Jawa dengan aksara Jawa sebagai bentuk tulisnya.

Bukti keberadaan komunitas Jawa ini sebagaimana tergambar pada peta Surabaya pada 1750an (Asia Maior: Soerabaja 1900-1950).

Dalam rangka memperkaya khazanah kesejarahan Kota Lama Surabaya, pembelajaran aksara Jawa di lingkungan kota lama adalah penting karena kegiatan ini secara langsung turut mendukung aktivasi kota lama Surabaya sebagai daerah tujuan wisata yang berbasis sejarah dan  budaya.

Ketika ditemui di ruang kerjanya, lurah Sumadalana menyatakan apresiasinya terhadap kegiatan literasi  Sinau aksara Jawa. Ini kegiatan edukatif yang berbasis budaya dan tentunya sejarah lokal.

Selama ini aksara Jawa memang menjadi semakin ꦭꦁꦏ langka. Jika Kota Lama Surabaya mampu memperkenalkan kembali Aksara Jawa di tengah keramaian warga, maka inilah manfaat positif dari Kota Lama Surabaya.

“ini adalah terobosan produk di tengah hadirnya konsep Kota Lama Surabaya”, kata Lurah Sumadalana.

Karenanya pada Jumat, 12 Juli 2024, Sumadalana mengajak staff nya mengikuti kegiatan Sinau Aksara Jawa yang digelar di jalan Mliwis, tepatnya di gedung Siropen.

“Ya, kita adakan di gedung Siropen, pabrik limoen legendaris di Surabaya”, kata Ketua RT 03 Ricky Sutiono.

Pada Selasa siang (9/7/24) Ricky sempat menemui pimpinan Siropen untuk meminta izin atas penggunaan ruangan di Siropen untuk kegiatan literasi  Sinau Aksara Jawa. Biasanya kegiatan Sinau Aksara Jawa digelar di gedung Indische beralamat di Jalan Mliwis 7.

Penyediaan tempat dan ruang belajar aksara Jawa ini adalah wujud partisipasi warga setempat terhadap kegiatan literasi guna mendukung Kota Lama Surabaya.(Bs)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *