Apresiasi Tinggi Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Sidoarjo , Melestarikan Macapat Sebagai Warisan Luhur

Pendidikan17 views

Sidoarjo,Komposisinews.com- Macapat selain dipandang sebagai warisan luhur yang sarat dengan nilai ,disisi lain perlu di pandang sebagai budaya masa sekarang dan yang akan datang , kekinian dan kedisikan. Banyak persoalan yang perlu terus dikaji dan dikembangkan baik secara pengetahuan maupun secara praktis sesuai perkembangan jaman.

Tembang macapat merupakan salah satu kekayaan budaya Jawa yang memiliki nilai estetika dan filosofi tinggi.Tembang macapat tidak hanya indah di dengar tetapi juga mengandung makna yang mendalam tentang kehidupan moral dan spiritualitas.

Apresiasi yang tinggi  ditunjukan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidoarjo dalam kebijakan dengan menyelenggarakan acara macapat secara rutin,sebagai wadah dalam merajut kebersamaan untuk melestarikan budaya macapat.

Kegiatan di buka dengan tarian srampat Sidoarjo dengan di hadiri 100 peserta antara lain paguyuban macapat kinanthi , Sekar kawedar , Jenggolo Manik serta siswa dan siswi SMP ,SMA Surabaya dan Sidoarjo.Senin(1/7/24).

Pada kesempatan ini Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Sukartini, mengatakan , Tujuan kami mengundang pelajar adalah agar macapat ini lebih di pahami dan di ajarkan ke teman- temannya baik di rumah atau di sekolah,kata Sukartini.

“Harapan kami dengan adanya kegiatan macapat ini bisa regenerasi ke anak anak muda saat ini, karena anak jaman sekarang kurang senang mempelajari  tembang macapat sebagai warisan luhur “, pungkasnya.(Bs)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *