Melalui Program Kampung Madani, Camat Dukuh Pakis Bersama Jajaran, RW dan RT Berupaya Wujudkan Impian Warganya

Surabaya,Komposisinews.com- Madani berasal dari bahasa arab yang berarti masyarakat sipil (civil society), orang kota, dan atau beradab. Secara harfiah, makna kata madani berhubungan dengan hak-hak sipil yang berkaitan dengan hukum, nilai, dan norma yang diyakini oleh ilmu pengetahuan.

Dengan demikian, kampung madani dapat diartikan sebagai kampung yang dalam menjalankan roda kehidupan dan kemasyarakatan mengedepankan prinsip gotong-royong, keswadayaan dan kemandirian ekonomi yang mengoptimalkan peran zakat, infak, sedekah, dan pengelolaan wakaf dari warganya untuk mendukung pembangunan secara multikultural berlandaskan Pancasila selaku nilai dan norma yang berlaku.

Berangkat dari makna kata madani, Pemerintah Kota Surabaya meluncurkan inovasi program kampung madani sebagai bentuk pemberdayaan masyarakat mustahiq (fakir miskin/penerima zakat) agar dapat meningkatkan kualitas hidupnya dari segi sosial dan ekonomi menjadi masyarakat yang muzakki (orang yang memberi zakat). Secara konkret program ini dibuat sebagai upaya untuk meminimalisir angka kemiskinan, pengangguran, serta kasus gizi buruk, bayi stunting, dan angka kematian ibu anak di tingkat kota.

Tak hanya mensosialisasikan program Pemkot Surabaya,Melalui Program Kampung Madani, Camat Dukuh Pakis bersama jajaran, RW dan RT berupaya Wujudkan Impian Warganya yang kurang mampu.

Saat di temui di tempat kerjanya  Rabu 19 Juni 2024 Camat Dukuh Pakis Annita Hapsari Oktorina Sesoria mengungkapkan,”Sebenarnya program ini sudah lama kita meneruskan arahan walikota Surabaya dimana setiap wilayah diupayakan menyelesaikan permasalah sosial di wilayahnya masing masing “,ungkapnya.

“Untuk program tersebut sudah kami laksanakan yang dimana dari salah satu warga membutuhkan bantuan modal usaha untuk membuka warung kopi, dan gorengan di depan rumahnya dan Alhamdulillah sudah kita wujudkan impian warga tersebut”,ujarnya.

Anita menambahkan, “Dana tersebut didapat dari Camat,Os,Lurah,RT,RW Se kecamatan Dukuh Pakis yang sifatnya sodaqoh. Semua di wujudkan berupa barang seperti perlengkapan masak, tabung gas dan bahan awal buat usaha serta sedikit uang”,imbuhnya.

“Fokus kami yang awal adalah penanganan kesehatan, sekolah,dan penambahan penghasilan.Berharap program ini berkelanjutan tidak putus”pungkasnya.

Agus Purwaningdiyah Warga RT 04 ,RW 06 Dukuh pakis selaku penerima bantuan mengucapkan terimakasi atas bantuan telah di berikan sehingga bisa meringankan biaya kehidupan sehari-hari,pungkasnya.(Bs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *