Hapus Kecemasan Anak, SDN Prada Kalikendal 1 Surabaya Wujudkan Program Transisi PAUD Ke SD Yang Menyenangkan

Surabaya,Komposisinews.com- Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya bersama Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) berupaya menghilangkan kecemasan orang tua ketika anak-anak masuk tahun ajaran baru, melalui Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan.

Dalam proses pengembangan karakter anak, Pemkot Surabaya bersama Bunda PAUD memfasilitasi seluruh PAUD se-Surabaya untuk menampilkan bakat dan talenta seni para siswa. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih kemandirian, keberanian, kreativitas, dan kepercayaan anak. Serta menyelaraskan gerak motorik dan kognitif pada anak.

Program ‘Transisi PAUD ke Sekolah Dasar (SD) yang Menyenangkan’ merupakan gerakan dari Kemendikbudristek bersama Kemendagri dan Kemenag yang bertujuan untuk memberikan pembelajaran yang tepat kepada anak agar peserta didik dapat menguasai kemampuan dasar yang selaras dengan Profil Pelajar Pancasila.

Dalam rangka mewujudkan gerakan tersebut, Sekolah Dasar Negeri (SDN) Prada Kalikendal 1 Surabaya menggelar serangkaian kegiatan menyenangkan. SDN Prada Kalikendal 1 Surabaya sendiri ditunjuk langsung oleh Camat dan Lurah setempat untuk gelar kegiatan ini, yang mana para siswa siswi diajak untuk melakukan kegiatan ringan dan menyenangkan seperti menari, membaca ayat suci Al-Qur’an, Banjari, Permainan hingga Edu Trip, yakni berkeliling dan berkenalan dengan lingkungan SD.

Kegiatan tersebut juga di hadiri kepala sekolah TK Kartini Dini Eka Inayati, S.Pd, kepala sekolah SDN Kalikendal 1 Siti Marsiyah, S.Pd, Camat Dukuh Pakis Annita Hapsari Oktorina Sesoria, S.STP, Kapolsek Dukuh Pakis Masdawati Saragih, SH.,MH, Lurah Prada Kalikendal Hajar Sulistyono, Guru pengajar, Siswa-Siswi TK Kartini dan SD Kalikendal 1.

Camat Dukuh Pakis Annita Hapsari Oktorina Sesoria, S.STP Dalam Memberikan Sambutan
Camat Dukuh Pakis Annita Hapsari Oktorina Sesoria, S.STP Dalam Memberikan Sambutan

Camat Dukuh Pakis Annita Hapsari Oktorina Sesoria, S.STP dan selaku bunda PAUD kecamatan dalam sambutannya mengajak siswa siswi Rajin belajar, hormat serta berbakti kepada  orang tua,ujarnya.

Kapolsek Dukuh Pakis Masdawati Saragih, SH.,MH
Kapolsek Dukuh Pakis Masdawati Saragih, SH.,MH

Pada kesempatan yang sama Kapolsek Dukuh Pakis pada juga memberikan sambutan dan motivasi bila siswa siswi ingin menjadi Anggota Polri harus rajin belajar, patuh dan berbakti kepada orang tua serta guru, dimana ditampilkan ke depan panggung personil Polsek Dukuh Pakis dari Unit Lalulintas dan Bhabinkamtibmas.

“Saya senang dan bahagia dengan keceriaan anak anak Siswa siswi Taman Kanak Kanak dan Sekolah Dasar yang hadir pagi ini semoga menjadi generasi penerus bangsa Indonesia yang tangguh, tutur Kompol Masdawati Saragih, S.H.,M.H.” ujarnya.

Kepala Sekolah Prada Kalikendal 1 Siti Marsiyah, S.Pd
Kepala Sekolah Prada Kalikendal 1 Siti Marsiyah, S.Pd

 

Masih di tempat yang sama Kepala Sekolah Prada Kalikendal 1 Siti Marsiyah, S.Pd mengatakan.” Kegiatan ini merupakan program Gemilang Transisi Paud / TK ke sekolah dasar (SD), di harapkan anak-anak ketika masuk ke Sekolah Dasar (SD) tidak takut karena sudah melihat kondisi sekolah yang sebenarnya.

“Jadi di harapkan tidak menangis, minta di antar orang tua ke kelas karena anak -anak sudah mengetahui Sekolah Dasar (SD) ada sama dengan sekolah TK tidak jauh beda”ujarnya.

“Pada kegiatan ini  di hadiri dari TK Kartini dengan jumlah 47 siswa, kebetulan letak sekolah dekat,di harapkan nanti dari TK Kartini bisa masuk ke SDN Parada Kalikendal 1 karena anak-anak banyak yang berdomisili di Kelurahan Prada Kalikendal sesuai jalur zonasi.” jelasnya.

Siti Menjelaskan, program dari gemilang ada empat di antaranya :

1. Edi City Tour Road Show ke SD yang sekarang di laksanakan

2. Program Magang yang dimana para guru SD mengajar di sekolah TK dan dari guru TK mengajar di sekolah SD

3. Kunjungan Bunda Paud pelaksanaan PPDB onlaine di SD

4. Kegiatan MPLS ( masa pengenalan lingkungan sekolah) yang mana bunda paud kecamatan juga ikut memantau kegiatan tersebut.

Kami berharap kepada pemerintah kegiatan ini bisa berlangsung terus karena ini sangat penting bahwa anak-anak TK harus mengenal lingkungan sekolah mulai pengenalan kegiatan di SD, ruangan sekolah dan lain-lain tentunya dengan banyak perbedaan antara TK dan SD namun tidak membuat anak takut.”pungkasnya.(Bs)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *