Opening Crushing KTM Ngimbang Petani Siap Sukseskan Giling 2024 Raih Kesejahteraan Dan Kemajuan Bersama

Berita42 views

Lamongan, Komposisinews.com – PT. Kebun Tebu Mas – Mitr Phol Group adalah Perusahaan PMA ( Penanaman Modal Asing ) yg bergerak di bidang Industri Gula Berbasis Tebu. Kehadiran Mitr Phol Group sejak tanggal 25/7/23, akan memperkuat usaha dalam bisnis gula di Indonesia, mengingat bahwa Mitr Phol adalah Perusahaan yang berasal dari Negara Thailand yg bergerak di bisnis gula dan salah satu perusahaan terkemuka di Asia.

PT. Kebun Tebu Mas ( KTM – Mitr Phol ), perusahaan gula yang berlokasi di Desa Lamongrejo kecamatan Ngimbang Kab.Lamongan, yg di bangun di era kepemimpinan presiden Joko Widodo. Untuk memenuhi aktivitas giling, perusahaan ini mendapat support dari para petani tebu terutama di wilayah Lamongan, Bojonegoro,Tuban dan Gresik dan dari berbagai daerah lain yg bermitra dg perusahaan. Filosofi dari KTM – Mitr Phol adalah mengupayakan kepemimpinan,percaya pada nilai martabat manusia,berdiri teguh dg keadilan, dan bertanggung jawab atas masyarakat.

Opening Crushing season 2024 di buka hari ini, Selasa 14 Mei 2024 di mulai pukul 08.35 Wib, di area Tipper PT. Kebun Tebu Mas Jl. Raya Babat – Jombang KM 25.5 Desa Lamongrejo Ngimbang. Dengan sejumlah undangan sekitar 200 orang.

Turut serta dalam undangan sebagai tamu kehormatan adalah Camat Ngimbang Bambang Purnomo,A.P., M.M., Camat Sambeng Sukur, S.Pd., M.Pd., Kapolsek Ngimbang Iptu Suroto,S.H.,M.H., Kapolsek Sambeng Iptu Miftahul Choir,S.H., Danramil Ngimbang Kapten Inf Mustoha, Danramil Sambeng Kapten Inf Bekti Suprapto, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Mohammad Wahyudi, beserta rombongan dari forkopimcam, undangan dari petani luar daerah, para petani tebu wilayah Ngimbang dan Sambeng sekitar 100 orang, Kepala Desa se Kecamatan Ngimbang dan Sambeng, juga beberapa perwakilan Jurnalis.

Dalam acara Crushing Season 2024 tersebut juga hadir Padipat Namkhet selaku Plantation Director KTM – Mitr Phol dan di dampingi Jumnian Sroysen sebagai Production Director.
Kegiatan di awali dengan sambutan Camat Ngimbang, beliau mengatakan dalam pidatonya.
” Keterkaitan dengan lingkungan atau limbah industri, kita mohonkan untuk bisa seminim mungkin untuk dampak limbahnya tidak sampai mencemari lingkungan masyarakat, karena saya yakin selama ini dari pihak pabrik sudah berusaha untuk tidak memberikan dampak yang buruk terhadap lingkungan masyarakat. Informasi dan Fibrikasi terkait corporate social responsibility atau CSR, PT.KTM sudah memberikan CSR kepada beberapa desa lingkungan sekitar pabrik, tetapi memang masih ada beberapa desa yang belum terkonfirmasi ke kami, hingga kami mohon bisa di publikasi kan di tahun ini. Syukur syukur nanti CSR nya bisa di tingkatkan bisa lebih luas guna menurunkan angka kemiskinan sesuai target pemerintah kabupaten Lamongan.
” Saya yakin dengan adanya PT. KTM akan memberikan satu kontribusi program pemerintah di tahun 2024 bisa di canangkan sebagai tahun Swasembada Gula di Indonesia. Apabila ada persoalan bisa kita bicarakan dan musyawarah sesuai adat orang Jawa dengan kepala dingin dan tenang, ujarnya tersenyum.

Selanjutnya acara di teruskan dengan pemukulan Gong oleh Camat Ngimbang beserta Forkopimcam dan staf KTM, tanda di buka Masa Giling 2024 PT. Kebun Tebu Mas, dilanjut hiburan tarian Remo dari perwakilan SMPN I Ngimbang dan hiburan lainya, yang kemudian di ikuti seremonial Pemasukan Tebu dalam rel mesin Penggilingan.

Ada yang menarik di acara Crushing Season 2024 yakni, pameran beberapa stand produk UMKM Lamongan, beberapa produk unggulan yang di pamerkan ada jajanan rengginang, krupuk kulit ikan, krupuk tulang ikan, es tebu, gula produk KTM dengan Standar Nasional bersih dan putih dengan butiran kristal halus, minuman kunyit asam dll.

Dalam sesi tanya jawab dengan Jurnalis, pertanyaan di tujukan kepada Padipat Namkhet dari Thailand, beliau selaku Plantation Director KTM – Mitr Phol Group. Dan isi dari pertanyaan singkat rekan jurnalis adalah ” Bagaimana harapan dari Giling Tebu 2024 ini “, Padipat Namkhet selaku Plantation Director KTM- Mitr Phol Group mengatakan dalam bahasa inggris yang kemudian dibantu di terjemahkan langsung oleh Jumnian Sroysen selaku Production Director PT. KEBUN TEBU MAS dari Management Mitr Phol Group yang saat itu selalu mendampingi, ” Saya bantu terjemahkan ya, inti dari penjelasan beliau adalah berharap adanya kolaborasi bersama saling menguntungkan antara pihak perusahaan dg petani dan masyarakat sekitar. Yang paling penting di sini selain kita memproduksi gula, kami menjaga agar informen town inpacknya itu bisa terjaga. Tidak hanya memproduksi tapi juga menjaga agar masyarakat bisa sejahtera, dan itu bisa di ciptakan oleh perusahaan,petani dan masyarakat sekitar. Dan fokus utama operasional tander farm adalah Kwalitas. Karena itu adalah Ringger utama kita untuk maju. Untuk mendapatkan hasil terbaik dan mendapatkan 8,2 atau lebih, jg kwantitas tebunya itu lebih dari 1,2 juta ton untuk tahun ini, jelasnya sambil tersenyum.
( Er )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *