Cara Pemkot Surabaya Manjakan Komunitas Melalui Cross Musea Dalam Rangka Peringati HJKS

Surabaya,Komposisinews.com- Salah satu rangkaian acara dalam memperingati Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) yang ke-731. Pameran Cross Musea 2024 resmi mulai dibuka hari ini, Selasa (14/5/24).

Pameran Cross Musea 2024 di ikuti oleh Museum Diorama Arsip Yogyakarta, Museum Kesejarahan Jakarta, Museum R. A Kartini Rembang, Museum Pendidikan Kedokteran Unair Surabaya, Museum Monumen Kesatuan Pergerakan Wanita Indonesia Yogyakarta, dan Museum Dr. Soetomo Nganjuk.

Pameran Cross Musea hanya berlangsung dari tanggal 14 hingga 17 Mei 2024, bertempat di Gedung Nasional Indonesia di Jl. Bubutan Komplek Museum Dr. Soetomo Surabaya.

Pada kesempatan ini Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda, Olah raga, dan Pariwisata (Disbudporapa) Surabaya Hidayat Syah mengungkapkan, dalam penyelenggaraannya, dinas bekerja sama dengan sejumlah museum lain dari luar Kota Surabaya. Tujuannya adalah sebagai wadah bagi para komunitas pecinta museum yang ada di Surabaya.

“Komunitas pecinta museum ini di Surabaya besar. Pak wali minta agar kita mengajak seluruh komunitas museum ini terlibat untuk memeriahkan semarak peringatan jelang HJKS ini,” kata Hidayat.

Pameran cross musea ini menurut Hidayat membawa tema Memori Kolektif Kebangkitan. Berdasar tema itu, pamerannya nanti akan menyajikan jejak kebangkitan nasional melalui koleksi museum. Dia menyebut, akan ada enam museum dari enam kota yang terlibat dalam pameran ini.

Hidayat melanjutkan, masing-masing museum itu nantinya akan membawa koleksi-koleksi andalan mereka untuk dipamerkan di sana.

Selain bisa menjadi sarana edukasi bagi pengunjung, pameran ini menurut dia juga bisa menjadi salah satu opsi bagi para komunitas pecinta museum untuk menikmati koleksi museum-museum dari luar Surabaya.

Pengunjung menurut dia tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk datang ke pameran ini. Cukup dengan membeli tiket dengan nominal Rp 5ribu saja, mereka sudah bisa menikmati pameran cross musea ini.

“Jadi pegiat museum tidak perlu jauh-jauh untuk menikmati koleksi yang jadi andalan museum lain itu”,ujarnya.

Hidayat juga mengajak warga masyarakat untuk datang ke pameran cross musea ini. “Kita ramaikan semarak peringatan HJKS ke 731 ini,” pungkasnya.

Antusias Siswa- Siswi Sekolah Dasar akan Sejarah Zaman Dulu
Antusias Siswa- Siswi Sekolah Dasar akan Sejarah Zaman Dulu

Rani Salah satu pengunjung dari sekolah dasar mengungkapkan rasa kagumnya akan beberapa koleksi yang di tampilkan, selain itu juga untuk menambah wawasan akan pengetahuan tentang sejarah pada masa zaman dulu, pungkasnya.(Bs)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *