Teladani Sesepuh Dengan Pentas Wayang, Pertahankan Tradisi Ruwah Desa

Sidoarjo,Komposisinews.com– Tangan dalang Ki Purnawan Taruna Aji  mengangkat tokoh Semar Mbangun Desa  sukses menyedot perhatian para penonton. Semar menjadi lakon utama dalam pergelaran wayang di Desa Kepatihan, Kecamatan Tulangan, Selasa (5/3/24) malam.

Selain pementasan Wayang Kulit Pemdes Kepatihan juga memanjakan warganya dengan menyuguhkan musik campur sari Abyor Budoyo.

Penonton yang memenuhi Balai Desa Kepatihan bukan hanya masyarakat desa setempat,Warga dari berbagai desa yang ingin melihat pertunjukan tersebut pun berduyun-duyun datang. Ada yang dari luar wilayah Kecamatan Tulangan dan banyak pula yang dari Kecamatan Tulangan sendiri.

Tokoh Semar yang dimainkan Ki Purnawan Taruna Aji mampu menyihir para penikmat wayang. Salah satunya, Akbar (25) warga Desa Kepatihan Kecamatan Tulangan  mengatakan menyukai pertunjukan wayang.

’’Teman seusia saya ya bisa dihitung yang masih suka (wayang). Tapi, menurut saya, wayang itu kebudayaan yang berharga,’’ tuturnya. Akbar selalu penasaran dengan tokoh utama di setiap pertunjukan wayang. ’’Biasanya dikisahkan sesuai dengan penggambaran sebuah daerah di momen tertentu,’’ katanya.

Rigor Putratama selaku kepala desa kepatihan mengatakan, kegiatan Ruwah Desa merupakan agenda wajib setiap tahun,tujuan utamanya Merefleksikan kembali perjuangan sesepuh yang babat desa ke generasi sekarang dan berdoa supaya jauh dari bencana,’’ ucapnya.(Bs/Hr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *