Dankodiklatal : Bintara Adalah Tulang Punggung Satuan

Surabaya, Komposisinews.com – Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Dankodiklatal), Letnan Jenderal TNI Marinir Suhartono menyampaikan bahwa Bintara adalah tulang punggung Satuan dan menjadi Bintara merupakan suatu kehormatan.

Hal tersebut disampaikan dalam acara pembekalan Dankodiklatal kepada siswa Pendidikan Pembentukan Bintara (Diktukba) TNI AL Angkatan LIII TA 2022, di Gedung Mulyadi Kodiklatal Bumimoro Surabaya, Kamis (17/11/2022). Adapun siswa yang mengikuti pembekalan berasal dari jajaran Kodikopsla dan Kodikdukum.

Hadir dalam pembekalan tersebut Wadan Kodiklatal Laksda TNI Rachmad Jayadi, Inspektur Kodiklatal Brigjen TNI Marinir Amir Faisol, Kapokgadik Laksma TNI Nuryadi, Dirlat,Dirjian,Dirum,Dankodikopsla,Dankodikdukum, Danpuslatlekdalsen, Danpuslatdiksarmil,Paban 1 Rendik Ditdik, Danpuslatmar,Kadispen, dan para Danpusdik dan sekolah di bawah Kodikopsla dan Kodikdukum.

Lebih lanjut terkait Bintara sebagai tulang punggung satuan, Dankodiklatal mengatakan jika dianalogikan maka Bintara adalah penghubung antara prajurit Tamtama dan Perwira. Bintara dinilai memiliki peran penting sebagai motor penggerak dalam memberikan bimbingan, arahan sekaligus instruksi yang berlandaskan jiwa kepemimpinan.

Selain itu juga disampaikan bahwa Diktukba merupakan pendidikan alih golongan strata dari Tamtama menjadi Bintara. “Oleh sebab itu berbekal dari pengalaman kedinasan di TNI AL sewaktu menjadi prajurit Tamtama ,hendaknya perubahan menjadi Bintara ini dijadikan motivasi agar menjadi lebih baik, lebih profesional dalam pengabdian kepada TNI AL bangsa dan negara, ” tegas Dankodiklatal.

Disisi lain Dankodiklatal pun mengimbau siswa untuk senantiasa menggelorakan semangat kebesaran dalam kehidupan sehari-hari. “Kita harus selalu gelorakan semangat kebesaran, semangat kejayaan TNI dengan pekikan Yel Yel Jalesveva Jayamahe, dilanjutkan teriakan Jalesveva‚Ķ!!! sebanyak tiga kali, serta kalimat yang membuat kita harus bangga sebagai prajurit matra laut, prajurit Jalasena, Prajurit Petarung Samudera, ” tandas orang nomor satu di jajaran Kodiklatal ini. (NoviSH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *