Dankodikdukum Pimpin Apel Gelar Pasukan Lattek Widhayaka Pratama-4 Siswa Pusdikpomal

Surabaya, Mediakomposisi.com – Komandan Komando Pendidikan Dukungan Umum (Dankodikdukum) Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal) , Laksma TNI Budi Raharjo, pimpin Apel gelar Pasukan dalam rangka pembukaan Latihan Praktek atau Lattek Widhayaka Pratama-4 Siswa Dikmaba XLI/2 dan Dikmata XLI/2 Kejuruan Polisi Militer TA. 2021. Apel dilaksanakan di Lapangan Dharma Wira Satya Pusdikpomal, Mako Kodiklatal Surabaya, Kamis (7/7/2022).

Lattek Widhayaka Pratama-4 melibatkan 59 orang Siswa yang terdiri dari 27 siswa Dikmaba XLI/2 , dan 32 siswa Dikmata XLI/2 TA 2021. Lattek dilaksanakan selama 31 hari, dan terbagi dalam 7 Tahapan antara lain Tahap Fungsi Polisi Militer, Tahap Menembak Kualifikasi, Tahap Dasar PM, Tahap Operasi Militer Selain Perang (OMSP), Tahap Operasi Militer Perang (OMP), Tahap Laut, dan Tahap Limed sebagai penutup.

Tujuh tahap latihan tersebut akan dilaksanakan di beberapa lokasi, yakni Pusdikpomal Kodiklatal, Puslatpurmar Baluran Situbondo, Pantai Banongan Situbondo, Pantai Jangkar Situbondo, serta kawasan Jambu Banyuwangi dan Sukosari Bondowoso.

Dalam lattek Widhayaka Pratama-4, bertindak sebagai Pimpinan Latihan adalah Dankodidukum Laksma TNI Budi Raharjo, sedangkan Dirlat adalah Danpusdikpomal Letkol Laut (PM) Rus Indarto dan sebagai Palaklat adalah Komandan Sebapom.

Sementara itu Dankodikdukum dalam amanatnya menyampaikan, melalui apel gelar pasukan selain untuk mengecek kesiapan peserta dan penyelenggara juga diharapkan rencana latihan yang telah disiapkan dengan matang dan cermat dapat terselenggara secara baik dan benar sesuai dengan skenario latihan .

Lattek Widhayaka Pratama sendiri menurut Dankodikdukum merupakan upaya dari lembaga pendidikan mewujudkan secara nyata calon prajurit Pomal, yang mampu menegakkan aturan dengan arif dan bijaksana, serta selalu menjunjung tinggi prinsip kebenaran sekaligus menjadi teladan dan panutan dalam kedisiplinan dan kepatuhan terhadap hukum dan peraturan yang berlaku.

“Laksanakan lattek ini dengan penuh semangat dan motivasi yang tinggi serta jaga dan pegang teguh nilai-nilai keprajuritan yang tinggi,” tegas Laksma Budi Raharjo kepada seluruh siswa peserta lattek Widhayaka Pratama.

Perwira bintang satu ini menambahkan kegiatan Lattek Widhayaka Pratama ini merupakan wujud dari imbauan Dankodiklatal Letjen TNI (Mar) Suhartono, agar seluruh siswa menyiapkan fisik dan mental menjadi prajurit TNI AL yang tanggap, tanggon dan trengginas, serta profesional tangguh dan berkarakter yang merupakan implementasi program prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono yakni membangun Sumber Daya Manusia (SDM) TNI AL yang Unggul. (NoviSH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *