Pjs Bupati Sidoarjo Minta Warga Tidak Buang Sampah di Sungai

Sidoarjo,Komposisinews.com- Musim penghujan sudah didepan mata. Banjir masih menjadi momok sebagaian wilayah di Kabupaten Sidoarjo. Hal itu sudah diantisipasi Pemkab Sidoarjo. Pjs Bupati Sidoarjo Muhammad Isa Ansori memerintahkan normalisasi sungai. Sungai harus bersih dari sampah. Pengerukan harus dilakukan jika ada pendangkalan. Ia juga akan gerakkan jajarannya untuk kerja bakti bersama membersihkan sungai.

Kegiatan bersih-bersih sungai itu kini digalakkannya. Seperti yang dilakukan di  Sungai Pelayaran  Desa Tawangsari Kecamatan Taman, Kamis, (24/10). Sepanjang 19 km aliran Sungai Pelayaran  dibersihkannya bersama-sama. Alat berat didatangkannya. Beberapa truk pengangkut sampah juga datang bergantian mengangkut sampah Sungai Pelayaran  tersebut.

Pjs Bupati Sidoarjo Muhammad Isa Ansori mengatakan bersih-bersih sungai menjadi salah satu antisipasi banjir dimusim penghujan. Ia ingin fungsi sungai di Sidoarjo dapat maksimal. Berfungsi normal sebagai sumber kehidupan dan juga menjadi wadah penampung air hujan. Oleh karenanya sungai harus bersih. Aliran sungai harus lancar. Dengan begitu fungsi sungai sebagai penahan air mencegah banjir dapat maksimal.

“Bersih-bersih sungai ini selain untuk mencegah banjir juga untuk meningkatkan volume debit air untuk PDAM,”ucapnya.

Pjs Bupati Sidoarjo Muhammad Isa Ansori mengatakan sepanjang 19 km saluran sungai yang akan disusurnya. Akan dijadwalkannya enam sesi pembersihannya. Ia ingin pastikan saluran Sungai Pelayaran bersih dari sampah. Ia kerahkan OPD terkait untuk melakukannya. Seperti Dinas PU Bina Marga dan SDA Sidoarjo serta DLHK Sidoarjo. PDAM Delta Tirta juga dimintanya ikut terjun. Selain itu ia menggandeng Dinas PU SDA Pemprov Jatim serta PJT (Perum Jasa Tirta).

“Bersih-bersih Sungai Pelayaran sepanjang 19 kilo ini kita bekerjasama dengan Dinas PU provinsi dan PJT yang dibantu oleh dinas PU Sidoarjo dan PDAM Kabupaten Sidoarjo,”ucapnya

Muhammad Isa Ansori sadar menjaga kebersihan lingkungan tidak dapat dilakukannya sendiri. Butuh dukungan masyarakat agar program kebersihan lingkungan dapat terus berjalan. Terutama menjaga kebersihan sungai. Masyarakat diminta tidak membuang sampah sembarangan. Apalagi membuangnya disungai. Sampah disungai menjadi penyebab banjir. Oleh karenanya menjaga kebersihan merupakan tanggung jawab bersama.

“Saya sudah memanggil camat dan lurah untuk lebih care terhadap kebersihan lingkungan khususnya kebersihan sungai yang ada didepannya, jangan sampai membuang sampah sembarangan,”ujarnya. (Bs)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *