Pj Gubernur Jawa Timur, Resmi Buka Orientasi PPPK Angkatan 101-110 tahun 2024

Surabaya,Komposisinews.com- Pj Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono, secara resmi membuka orientasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja(PPPK) angkatan 101-110 tahun 2024, Pemerintah Provinsi Jawa Timur, di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi (BPSDM) Jatim, Jl. Balongsari Tama, Gadel, Kec. Tandes, Surabaya, Jawa Timur Kamis (3/10/24).

Dalam kesempatan tersebut Pj Gubernur Jatim, Adhy Karyono, menegaskan bahwa Pemerintah Provinsi Jatim terus mendorong adanya transformasi dan penguatan Sumber Daya Manusia.

“Kami tetap mendorong bagaimana transformasi dari peningkatan kualitas SDM dari menertibkanya dari Pegawai Tidak Tetap (PTT) untuk menjadi PPPK,” ujarnya.

Dikatakannya, bahwa  PPPK yang baru memasuki sebuah wahana dengan posisi sebagai Aparatur Sipil Negara maka kekuatannya berbeda, kedudukannya, dan peta jabatan juga berubah maka harus ada penyesuaian.

“Jangan terus bekerja dengan rutinitas, tapi coba kita bisa outward looking kiat berpikir lebih jauh keluar apa yang bisa kita lakukan untuk sesuatu yang baru, kalau tidak bisa meningkatkan kualitas, kita bisa membuat sesuatu yang berbeda dan menjadi hidup ini lebih bergairah,”pesannya.

Ia juga mengungkapkan kebanggaan atas kinerja  PPPK dan berhapa terus berkontribusi serta menambah ilmu “Terima kasih PPPK, saya percaya bahwa kalian selama ini sudah menjadi tumpuan dan menjadi bagian penting dalam  berkontribusi untuk meningkatkan kinerja dari masing-masing organisasi dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur, kami salut,  tinggal mempertahankan yang sudah baik, dan jangan berhenti menimbah ilmu,” harapnya.

Sebelumnya, Adhy Karyono juga menyampaikan terima kasih dan apresisasi kepada BPSDM Jatim dan seluruh atasan pimpinan yang ada bisa bersama-sama memenuhi kewajiban dan KemenPAN bahwa untuk setiap PPPK dilakukan orientasi.

Sementara itu, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Jawa Timur (BPSDM Jatim) Ramliyanto menyampaikan bahwa egiatan orientasi berdasarkan Keputusan Lembaga Administrasi Negara Nomor 289 tahun 2024 Bahwa Orientasi bagi ASN PPPK merupakan program wajib.

“Tujuannya memberikan pengenalan dan tugas fungsi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan memberikan pengenalan nilai etika ASN yang bekerja pada instansi pemerintah,”ujarnya.

Orientasi PPPK formasi 2023 Prov. Jatim dirangkai dalam dua tahapan pembelajaran yaitu Masif Online Open Course (MOOC) dengan durasi 45 Jam pelajaran dan classical terstruktur (Tatap Muka dengan durasi 32 Jam pelajaran.

Kegiatan orientasi ini merupakan periode ke-2 Tahun 2024 dengan peserta adalah PPPK Formasi tahun 2023  dengan jumlah peserta 240 orang dari jumlah keseluruhan PPPK Formasi 2023 sebanyak 7.166.

Materi yang diberikan dalam orientasi tersebut yaitu pengenalan kurikulum tugas dan fungsi ASN, Pengenalan kurikulum pengenalan nilai dan etika pada instansi pemerintah dan materi penunjang diantaranya meliputi inovasi layanan dan literasi digital.(Bs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *