Apel Gelar Pasukan Mantap Praja Semeru 2024 Siap Amankan Pilkada Kota Probolinggo

TNI/POLRI3 views

Probolinggo,Komposisinews.com – Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja Semeru 2024 digelar untuk memastikan kesiapan pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di Kota Probolinggo. Acara tersebut berlangsung di depan Mapolres Probolinggo Kota pada Senin (19/08/24) pagi, dipimpin oleh Kapolres Kota Probolinggo AKBP Oki Ahadian P.

Acara tersebut dihadiri oleh sejumlah pejabat penting, termasuk PJ Walikota Probolinggo Dr. Nurkholis, Kajari Kota Probolinggo Dodik Hermawan, S.H., M.H., Kasdim 0820 Probolinggo Mayor Czi Slamet Wahyudi, serta para perwakilan dari berbagai lembaga seperti PN Probolinggo, MUI, KPU, Bawaslu, dan para ketua parpol se-Kota Probolinggo.

Dalam sambutannya, Kapolres AKBP Oki Ahadian membacakan amanat Kapolda Jatim Irjen Pol Drs. Imam Sugianto. Amanat tersebut menegaskan bahwa gelar pasukan ini bertujuan untuk memeriksa kesiapan personel, sarana, dan prasarana sebelum diterjunkan dalam pengamanan Pilkada Serentak 2024. Kapolda Jatim menyampaikan bahwa pelaksanaan Pilkada kali ini memiliki kompleksitas dan kerawanan yang khas karena untuk pertama kalinya Provinsi Jawa Timur akan menyelenggarakan pemilihan secara serentak untuk calon gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, serta wali kota dan wakil wali kota.

Kapolres menjelaskan bahwa Polda Jawa Timur telah melakukan pemetaan menyeluruh melalui Indeks Potensi Kerawanan Pilkada untuk mengidentifikasi potensi kerawanan di berbagai wilayah. Pemetaan ini bertujuan untuk mengambil langkah-langkah pencegahan yang tepat dan efektif.

Operasi Kewilayahan dengan sandi “Operasi Mantap Praja Semeru 2024” akan berlangsung selama 135 hari, mulai dari 19 Agustus hingga 31 Desember 2024. Operasi ini melibatkan 155.937 personel yang terdiri dari 26.075 personel Polri, 8.239 personel TNI, serta 120.624 personel linmas.

Kegiatan apel gelar pasukan diakhiri dengan Ikrar Pilkada Serentak 2024, sebagai bentuk komitmen dan deklarasi untuk pelaksanaan Pilkada damai di wilayah Kota Probolinggo, serta patroli bersama oleh jajaran Forkopimda menuju KPU dan Bawaslu Kota Probolinggo. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *