Gelar Sosialisasi Akreditasi Jenjang PAUD, SD, SMP dan Kesetaraan Merupakan Upaya Peningkatan Dunia Pendidikan.

Pendidikan25 views

Melawi Kalbar,Komposisinews.com – Sebagai bentuk keseriusan dinas pendidikan kabupaten Melawi dalam memantafkan pelayanan dunia pendidikan Pada tahun 2024, yang menjadi sasaran adalah Akreditasi tingkat PAUD, SD, dan SMP di Kabupaten Melawi, yang mana hal tersebut dibawah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Melawi, sebuah bentuk komitmen Disdikbud melawi menggelar sosialisasi Akreditasi jenjang PAUD, SD dan SMP selama 3 hari, pada  17 – 21mei 2024 di Aula kantor Disdikbud Kabupaten Melawi.

Yusseno selaku Kepala dinas pendidikan dan Kebudayaan, membuka secara resmi Kegiatan Sosialisasi Akreditasi jenjang PAUD, SD dan SMP kabupaten Melawi pada jumat (17/5/24).

Akreditasi adalah kegiatan penilaian untuk menentukan kelayakan satuan dan atau program pendidikan kesetaraan berdasarkan penilaian mutu layanan pendidikan. Dasar hukum Permendikbudristek No. 38 Tentang Akreditasi Pendidikan Anak Usia Dini, pendidikan Dasar dan pendidikan Menengah. Adapun dari sosialisasi tersebut akan menjadi beberapa catatan penting tentang akreditasi.

Bagi seluruh satuan pendidikan yang telah ditetapkan sebagai sasaran akreditasi baik yang memenuhi maupun yang tidak memenuhi persyaratan umum/khusus tetap dilakukan proses akreditasi sampai akhir.

1. Akreditasi bukanlah hal yang baru bagi satuan pendidikan, akreditasipun merupakan sebutan lain dari evaluasi diri, layakkah sebuah lembaga beroperasi dan mampu beroperasi secara mandiri.

2. Instrumen akreditasi sekolah mengacu pada delapan standar pendidikan yakni standar isi, standar proses, standar kompetensi, standar pendidikan dan tenaga kependidikan, standar sarpras, standar pengelolaan, standar pembiayaan dan standar penilaian.

3. Program Dinas Dikpora Kota Bima tidak jauh dari Standar Pelayanan Minimal (SPM), dan akreditasi adalah salah satunya.

Terakhir adalah yang perlu dilakukan oleh satuan pendidikan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan adalah Pemahaman tentang kurikulum, selalu melakukan evaluasi terkait kompetensi PTK, sarana dan prasarana guna membantu meningkatkan proses belajar bermutu sehingga bisa menciptakan pelayanan didunia pendidikan yang baik dan berkualitas.”imbuhnya.(Iman)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *