Wayangan Dalam Acara Ruwah Desa Medalem Kecamatan Tulangan

Sidoarjo,Komposisinews.com– Memasuki bulan Ruwah yang berarti Ruwatan atau membersihkan, disambut suka cita masyarakat suku Jawa.

Tak ketinggalan, Pemerintahan desa berperan aktif menyambut bulan Ruwah dengan melakukan sedekah bumi, qutmil qur’an pagelaran budaya jawa dan doa bersama.

Desa Medalem Kec Tulangan dalam acara Ruwah Desa yang diadakan Selasa(5/3/24)bertempat di pendopo kantor desa setempat, di gelar pertunjukan wayang kulit Jawa Timuran Gagrak Trowulan, dan Campur Sari Panji Laras dari Dsn Ploso DS. Brudu Sumobito Jombang pimpinan Ki Kuswoyo skn.

Heri, warga setempat mengaku sangat senang dengan datangnya bulan Ruwah ini. Artinya dalam tradisi Jawa, Desa pasti melakukan Ruwatan untuk membersihkan desa dari segala penyakit dan marah bahaya di desa.

Selain itu, dipastikan warga akan terhibur dengan acara Ruwatan yang biasanya dilakukan dengan pertunjukan wayang kulit , ujar Heri.

Dalam acara ini , warga di libatkan langsung untuk suksesnya acara mulai pagelaran wayang kulit di balai desa Medalem, Qutmil Quran,Tahlil bersama , Istiqosah, Sholawat Al Banjari dan doa bersama di makom desa setempat.
Semua itu dilakukan semata mata hanya untuk kesejahteraan semua warga medalem.

Hadir dalam acara tersebut, Forkompimka dan beberapa Kades di wilayah kecamatan Tulangan sebagai undangan.

Kades Medalem Santoso mengatakan, kesuksesan Ruwah Desa ini berkat peran serta dan doa semua masyarakat desa Medalem.

”Semoga setelah acara ini di gelar, semua warga Medalem mendapatkan yang terbaik sesuai apa yang diharapkan”,ujarnya.(Bs/Hr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *