Siswa-Siswi TK dan PAUD Se-Kecamatan Kanigaran Meriahkan HUT RI Ke 77

Pendidikan3 views

Probolinggo,Komposisinews.com – Hiruk pikuk di pagi hari ramai pejalan kaki dan pengendara sepeda motor maupun mobil yang membuat kemacetan di jalan Slamet Riyadi tepatnya depan kantor kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo .

Ada pemandangan lain tidak seperti biasanya.
Kemacetan yang tidak lain adanya karnaval
Pawai Budaya tingkat TK/ Paud Se-kecamatan Kanigaran Dalam Rangka peringati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2022.

Ribuan pelajar dari tingkat Taman Kanak-Kanak (TK) dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) se-Kecamatan kanigaran mengikuti pawai dalam rangka memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan RI, di Kota Probolinggo, Rabu, (31/8/2022).

Lebih dari 32 TK dan PAUD ikut serta dalam pawai yang digelar oleh Ikatan Guru Taman Kanak -Kanak Indonesia ( IGTKI) Kecamatan Kanigaran.

Bunda PAUD Kota Probolinggo Aminah Hadi Zainal Abidin , ikut hadir sekaligus melepas para peserta pawai di jalan Slamet Riyadi tepatnya depan kantor kecamatan kanigaran pukul 07.00 WIB.

Hadir pula Camat kanigaran Agus beserta istri Bunda PAUD Kecamatan kanigaran Ketua Himpaudi dan Ketua IGTKI.

Para peseta dengan rute dimulai dari Jalan Slamet Riyadi ke barat hingga terakhir di depan taman Maramis .

Di sepanjang rute, peserta pawai menampilkan kreativitas pakaian adat budaya nusantara, budaya pendalungan, seragam profesi, kreasi tari dan drumbend para orang tua juga sangat antusias mengikuti jalannya pawai karnaval tersebut.

“Jauh-jauh hari saya telah mempersiapkan pakaian yang akan dikenakan anak-anak TK Kartika. Dan untuk peserta pawai budaya tingkat TK dan Paud ini TK Kartika kodim 0820 Probolinggo tampil sederhana lain dari tahun sebelumnya,” kata salah satu kepala sekolah Soegeng Riyanto S. Pd kepala sekolah TK Kartika kodim 0820, kota Probolinggo saat ditemui awak.media ini.

Lanjutnya, Sebelum ada Corona dan karnaval memperingati HUT RI Ke 77 ini yang ber tajub “Cinta Indonesia”. ungkapnya.

“Alhamdulillah berjalan lancar, anak didik kami dan ibu-ibu wali murid yang mendampingi putra putrinya ikut pawai budaya merasa senang dan bahagia karena sudah 2 tahun silam kegiatan ini di tiadakan karena adanya virus Corona 19,” beber Soegeng Riyanto.

Ia juga menambahkan, bahkan ada diantaranya yang sejak subuh sudah mempersiapkan dan-danan untuk anak-anaknya.”Karena Ini merupakan karnaval pertama bagi anak-anak TK Kartika yang sudah dua tahun tidak ada kegiatan seperti ini. Dan ini juga awal pertama anak TK yang baru mengikuti karnaval,” tutup Soegeng.

Sementara itu salah satu wali siswa Bunda Aminah yang menyaksikan pawai hingga usai mengaku kagum dan bangga melihat semangat seluruh peserta pawai budaya.

Menurutnya, kegiatan seperti ini dapat mengenalkan anak-anak pada nilai-nilai persatuan, dan kesatuan negara Republik Indonesia serta budaya Indonesia, “karena negara kita ini bhineka tunggal Ika
dan antosias para anak-anak TK Sangat luar biasa sekali itu tadi saya lihat beberapa TK dan PAUD,”imbuhnya.

“Luar biasa mereka semangat dalam merayakan ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia ini, dengan pawai budaya kita bisa mengenalkan pada mereka budaya Indonesia,” ungkap Aminah Hadi Zaenal Abidin.

Di tempat yang sama Camat, kanigaran Agus Saat Di temui di lokasi menyampaikan Alhamdulillah Karnaval pawai budaya yang di gelar pagi ini di kecamatan kanigaran sangat luar biasa dan para peserta sangat antusias mengikuti karnaval tersebut.

“Dan sekali lagi saya sangat bersyukur acara karnaval pawai budaya memperingati HUT kemerdekaan RI berjalan Lancar, pungkas Agus. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *