Pelatihan Pengembangan Usaha BUMDes Kalangan oleh Kepala Dinas PMD Kab. Bojonegoro

Ragam3 views

Bojonegoro,Komposisinews.com – Dalam pengelolaan anggaran Dana Desa, salah satu aset desa yang dapat dijadikan sebagai Pilar di suatu wilayah pedesaan yakni adanya suatu usaha desa dengan memanfaatkan potensi desa melalui suatu pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

Oleh karenanya Bumdes merupakan salah satu sarana di desa yang dapat memberikan solusi terbaik khususnya bagi masyarakat yang ada di wilayah pedesaan.

Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) merupakan suatu usaha milik desa yang sumber anggaran dananya berasal dari dana desa yang dianggarkan berdasarkan hasil musyawarah di desa yang pengurusnya diangkat oleh Kepala Desa.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir Kepala Dinas DPMD Kabupaten Bojonegoro, Camat Margomulyo, dan sejumlah Pemateri yang Ahli dibidangnya, Kepala Desa dan para peserta Ketua Bumdes serta pengurus.

Kegiatan Pelatihan Bumdes ini diikuti sebanyak 20 orang peserta dari 6 desa yang ada di kecamatan Margomulyo Kabupaten Bojonegoro yakni Desa. Ngelo, Desa. Sumberejo, Desa Margomulyo, Desa. Geneng, Desa. Meduri dan Desa. Kalangan.

Kepala Dinas DPMD Kabupaten Bojonegoro Machmuddin, A. P, M.M dalam sambutannya mengatakan “Kegiatan ini bertujuan untuk mendorong pembangunan ekonomi desa di Kecamatan Margomulyo. Machmuddin, A. P, M.M berharap Bumdes ikut menggenjot kesejahteraan masyarakat desa disekitarnya, melalui Bumdes inilah kesejahteraan ekonomi masyarakat akan meningkat sekaligus membuka lapangan kerja baru, daya saing dan daya beli masyarakat tentunya ikut meningkat”. tuturnya.

“Saya berharap seluruh peserta pelatihan yang mengikuti materi ini sampai selesai dan memahami apa yang diberikan oleh pemateri serta semoga ilmu yang diperoleh nantinya dapat diterapkan, sehingga kedepannya Bumdes mampu memberikan kontribusi kepada masyarakat di pedesaan khususnya”, harap Camat Margomulyo

Dengan adanya pelatihan tersebut Kepala Desa Kalangan Kecamatan Margomulyo Yanng dimana juga menjadi tuan rumah dalam pelatihan pengembangan BUMDes juga sangat berharap sekali untuk mendapatkan bantuan dari dinas terkait untuk kemajuan program BUMDes yang akan di kembangkan oleh Desa Kalangan melalui program perkebunan jambu biji merah tersebut.” Ungkapnya.

Selain itu pemateri tentang pengelolaan administrasi manajemen BUMDes LSM SIKAS juga turut serta memberikan pengarahan tentang bagaimana caranya mengelola administrasi dari awal sampai akhir agar terwujudnya suatu kemajuan dalam mengelola BUMDes. ( Red )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *