Hipakad Bersama Wamendag Gelar Sosialisasi Bidang Perdagangan dan Ekonomi Menuju Indonesia Emas 2045

Nasional145 views

Surabaya,Komposisinews.com- Sebagai ajang mempererat tali silaturahmi antar pengurus dan anggota Himpunan Putra/Putri Keluarga Angkatan Darat (HIPAKAD), menggelar sosialisasi Bidang Perdagangan dan Ekonomi Menuju Indonesia Emas 2045. Selasa (15/10/24) malam.

Bertempat di New Pasific Restaurant Jalan Adityawarman 59 Surabaya, dengan menghadirkan Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Republik Indonesia Jerry Sambuaga sebagai narasumber pada sosialisasi UMKM dan digitalisasi pasar.

Selain di hadiri Wamendag juga di hadiri Ketua Umum DPP HIPAKAD Hariara Tambunan, anggota DPC Surabaya, Sidoarjo, Bangkalan, Blitar, Malang, Sumenep, Lamongan, Jember, Kediri .

Ketua Umum DPP HIPAKAD Hariara Tambunan mengatakan, Bersama Dewan Pimpinan Daerah (DPD ) HIPAKAD Jawa Timur dan di dampingi oleh Wamendag Jerry Sambuaga menyampaikan Sosialisasi Bidang Perdagangan dan Ekonomi, Ucapnya.

“Semoga dengan di gelarnya sosialisasi ini, bisa memberikan manfaat bagi anggota dan sebagai ilmu  yang telah di berikan oleh Wamendag”, ujarnya.

“Dengan hadirnya 60 peserta dari 15 DPC pada kegiatan malam ini harapan besar, HIPAKAD Jawa Timur dapat terus berkonsolidasi”,pungkasnya.

Pada kesempatan ini Jerry Sambuaga selaku  Wamendag menyampaikan bahwa neraca perdagangan Indonesia pada periode Januari–Mei 2024 mengalami surplus sebesar USD 13,06 miliar. Tren surplus perdagangan ini sudah terjadi selama 49 bulan berturut-turut sejak Mei 2020.

Jerry mengungkapkan, ekonomi digital Indonesia tahun 2023 mencapai USD 82 miliar. Nilai transaksi niaga-el pada tahun 2023 mencapai Rp453,75 triliun. UMKM merupakan tulang punggung ekonomi Indonesia karena kontribusinya terhadap PDB Indonesia sebesar 60%.

Kemendag terus berupaya mendorong terciptanya digitalisasi perdagangan melalui beberapa langkah, seperti membentuk tenaga fasilitator PMSE, menyiapkan website etalase produk UMKM, dan berkolaborasi dengan lokapasar (marketplace). Kemendag menargetkan sekitar 1.000 pasar rakyat dan satu juta UMKM sudah terdigitalisasi.

Wamendag mengajak masyarakat sekitar untuk terus mendukung produk UMKM melalui gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia.(Bs)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *